Dibandingkan dengan versi Ms. Excel 2003, sepintas Ms. Excel 2007 cukup membingungkan bagi pengguna. Selain itu, sesuatu yang baru memerlukan waktu lama untuk beradaptasi. Oleh karena itu, Ms. Excel 2007 hadir dengan mengembangkan fitur yang cukup banyak. Antara lain desain jendela antar muka (interface), jumlah kolom dan baris yang jauh lebih banyak. Misalnya jumlah kolom sebanyak 16.384 kolom, mulai dari A sampai dengan XFD dan 1.048.576 baris serta penulisan formula yang lebih mudah.
Sama dengan Microsoft Office Word dan aplikasi Office yang lain, penggunaan exstensi nama file-nya pun juga baru. Dengan demikian file yang ditampilkan pada versi 2007 tidak dapat dibuka oleh Ms. Excel versi sebelumnya.
Langkah-langkha Memulai Ms. Excel 2007
- Klik Start
- Pilih menu All Programs
- Pilih menu Microsoft Office
- Pilih menu Microsoft Office 2007
Mengenal Jendela Ms. Excel 2007
Tampilan Jendela Ms. Excel 2007 |
Bagian yang terdapat pada jendela Ms. Excel 2007 adalah sebagai berikut:
1. Microsoft Office Button, berisi menu pull down. Jika Anda biasa menggunakan Excel versi sebelumnya, maka item ini yang terdapat didalamnya mirip dengan item pada menu File.
2. Quick Access Toolbar, berisi tombil atau icon untuk mengolah data.
3. Title Bar, berisi nama buku kerja atau file excel.
4. Window Button (Sizing Button) berisi tombol minimize, maximize (restore), dan close yang berfungsi untuk mengatur ukuran jendela atau mengakhiri penggunaan program aplikasi.
5. Ribbon, berisi semacam tombol atau icon untuk mengelola data (versi sebelumnya, biasa disebut toolbar)
6. Cell Pointer, merupakan penunjuk cell
7. Formula Bar atau baris rumus berisi informasi cell yang sedang aktif.
8. Kolom
9. Baris
10. Tab Lembar Kerja (worksheet). Secara default worksheet dari Excel adalah tiga lembar kerja dan bisa ditambah atau dikurangi.
11. Scrool Bar, berfungsi untuk menggeser posisi data pada layar.
12. Tombol Navigasi, berfungsi untuk berpindah antar lembar kerja (worksheet)
13. Status Bar, berisi berbagai tombol untuk mengaktifkan pekerjaan atau informasi tertentu
14. View Mode, berfungsi untuk mengatur mode tampilan lembar kerja
15. Zoom Slider, berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil tampilan lembar kerja.
Microsoft Office Button
Menu pull down sama dengan versi Excel sebelumnya, seperti berikut ini:
- New, digunakan untuk membuat buku kerja (workbook) atau file yang baru
- Open, digunakan untuk membuka sebuah buku kerja (workbook) atau file yang sudah ada
- Save, digunakan untuk menyimpan buku kerja
- Save As, digunakan untuk menyimpan buku kerja dengan extension (nama belakang) yang berbeda dari default (jika Anda menginginkan buku kerja dapat dibuka oleh Excel versi sebelumnya, maka Anda disarankan menggunakan Save As > Excel 97-2003 workbook).
- Print, untuk mencetak buku kerja
- Prepare untuk mempersiapkan file dalam proses distribusi
- Send, untuk mengirim buku kerja via internet atau faksimile
- Publish, untuk pengaturan proses publikasi buku kerja
- Close, untuk menutup buku kerja yang sedang aktif
- Excel Option, digunakan untuk pengaturan mengenai penataan dalam lingkungan Excel 2007
- Exit Excel, keluar dari program Excel 2007
Quick Access Toolbar
Standar Excel 2007 (default) menampilkan bahwa tombol yang tersedia adalah Save, Undo, Redo dan sebuah menu pull down yang dapat digunakan untuk menambah (Customize) tombol-tombol standar tersebut.
Qiuck Access Toolbar Ms. Excel 2007 |
Pilihan dalam daftar Customize Quick Access Toolbar adalah sebagai berikut:
- More Commands, digunakan utnuk menambah perintah atau menampilkan icon lain
- Show Below the Ribbon, digunakan jika Anda ingin menampilkan posisi Quick Access Toolbar dibawah ribbon.
- Minimize the Ribbon, pilihan ini digunakan untuk meminimalisasi ribbon.
Ribbon
Perbedaan mendasar dalam tampilan Excel 2007 adalah tampilan yang hampir semuanya berbentuk toolbar, sedangkan pada versi sebelumnya tampilan Excel didominasi oleh menu-menu pull down. Jadi sebetulnya ribbon dalam Excel 2007 adalah sebuah panel yang berisi tampilan grafis yang berisi tombol untuk mengaktifkan suatu fitur tertentu.
Secara garis besar, ribbon terdiri dari:
1. Tab, merupakan petunjuk dari kategori ribbon.
Tab Ribbon pada Ms. Excel 2007 |
2. Group Bar, ditampilkan berupa kotak yang berisi nama kelompok tombol. Pada posisi sebelah kanan terkadang terdapat anak panah kecil. Jika mouse pointer diarahkan pada anak panah, akan tampak penjelasan singkat. Namun, jika Anda mengklik pada anak panah, maka Anda akan secara otomatis membuka kotak dialog (dialog box) sesuai dengan kategori
Group Bar pada Ms Excel 2007 |
Kotak Dialog Ms. Excel 2007 |
Kategori Ribbon
Secara standar Excel 2007 terdiri dari tujuh ribbon (default). Kecuali jika Anda menginstal program yang berhubungan dengan Excel 2007. Contoh program Adobe Acrobat atau jika komputer Anda memiliki fasilitas bluetooth, makaExcel 2007 menambahkan satu kategori ribbon, yaitu Add-Ins.
Ribbon-ribbon tersebut adalah sebagai berikut:
1. Home, merupakan default dari Excel 2007 yang selalu aktif pada saat Anda memasuki program Excel 2007
2. Insert, adalah tombol-tombol yang digunakan untuk menyisipkan suatu objek kedalam lembar kerja.
3. Page Layout, terdiri dari tombol-tombol yang digunakan untuk mengatur tata letak.
4. Formula, berisi tombol-tombol untuk penyusunan rumus (formula disebut juga fungsi).
5. Data, berisi tombol yang berhubungan dengan pengolahan databasedalam Excel, seperti pengadaan pengurutan (sort), penyaringan data (filter), analisis data dan pemecahan masalah (solver).
6. Review, berisi tombol yang digunakan untuk pemeriksaan terhadap lembar kerja (worksheet)
7. View, berisi tombol yang digunakan untuk mengubah tampilan dari lembar kerja (mode)
8. Add-Ins, ribbon ini merupakan tambahan.
0 komentar:
Posting Komentar